pasca@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Perkuat Silaturahmi, Gelar Temu Alumni S2 KPI

Home >Berita >Perkuat Silaturahmi, Gelar Temu Alumni S2 KPI
Diposting : Rabu, 07 Feb 2024, 16:13:10 | Dilihat : 108 kali
Perkuat Silaturahmi, Gelar Temu Alumni S2 KPI


PERKUAT KOMUNIKASI: Para alumni S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember dari berbagai angkatan, mulai tahun 2015 hingga tahun 2020 menggelar Temu Alumni pada Sabtu 21 Oktober 2023.

Humas - Dalam rangka memperkuat tali silaturahmi dan membangun jaringan keilmuan komunikasi, para alumni S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember menggelar kegiatan Pertemuan Alumni dan Bedah buku pada Sabtu, 21 Oktober 2023. Pertemuan bertema “Membangun Komunikasi, Menjalin Harmoni” yang diprakarsai oleh alumni magister KPI dari berbagai angkatan itu dirangkai dengan bedah buku, diskusi, dan ramah tamah.

            Ketua Ikatan Alumni S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember Ach. Wahidi, M.Sos., mengungkapkan pertemuan pertama kali para alumni ini diikuti oleh berbagai angkatan, mulai tahun 2025 hingga tahun 2020 yang sudah berstatus alumni. Tidak hanya alumni, para mahasiswa baru S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember angkatan 2023 juga diundang. “Sesuai dengan tema kami membangun komunikasi, menjalin harmoni, untuk memperkuat jaringan komunikasi diantara alumni. Sehingga, keilmuan yang telah diperoleh di S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember ini terus berkembang, memberikan manfaat, dan berkah,” ujar Ach. Wahidi di sela-sela kegiatan tersebut.

            Menurut pengelola pondok pesantren di Jember ini, lanjut Ach. Wahidi, para alumni berkiprah sesuai dengan profil lulusan yang ditawarkan S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember saat memasuki bangku kuliah, yakni sebagai akademisi, peneliti, dan konsultan. Berdasarkan data yang masuk, sebagai akademisi, lulusan S2 KPI ini banyak yang diterima menjadi dosen di S1 KPI, baik di kampus negeri maupun swasta. “Misalnya, ada yang menjadi dosen di IAI Al Qodiri Jember, ada yang di Universitas Ibrahimy Situbondo, ada yang di  IAI Darus Salam Blokagung Banyuwangi. Bahkan, ada yang hadir dari UIN SATU Tulungagung karena diterima sebagai dosen PNS,” katanya.

Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember Prof. Dr. Moh. Dahlan, M.Ag menyambut antusias kiprah para alumni yang telah berhasil di bidang masing-masing sesuai dengan keilmuan KPI. Kedepan, pihaknya berharap, Prodi S2 KPI dapat menjadi program studi alternatif bagi para pegawai, yang ingin mendalami dunia komunikasi. “Misalnya, bisa menjalin kerjasama dengan pegawai Kominfo bagi yang berminat melanjutkan S2 KPI untuk menunjang karir mereka,” ujar Prof. Dahlan.

            Selain kegiatan pertemuan alumni, FGD, dan ramah tamah, pertemuan alumni juga disemarakkan dengan acara bedah buku berjudul “Komunikasi Massa: Kajian Teoritis dan Empirs” yang ditulis oleh Dr. Kun Wazis, M.I.Kom,. yang menjabat sebagai Kaprodi S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember. Sedangkan pembedahnya adalah dua pakar komunikasi yang juga dosen S2 KPI, yakni Dr. Hj. Siti Raudhatul Jannah, M.Med.Kom., dan Dr. Minan Jauhari, M.Si. Acara berlangsung semarak dan peserta mendapatkan E-Book Gratis yang disediakan panitia. Rencananya, Pertemuan Alumni S2 KPI akan digelar pada tahun 2024 dengan agenda yang lebih menarik lagi.

Salah satu alumni S2 KPI Bunga Surawijaya Ningsih, M.Sos., yang menjadi moderator bedah buku mengaku gembira karena pertemuan Alumni disemarakkan dengan bedah buku. Sehingga, tidak hanya jalinan komunikasi interpersonal yang muncul, tetapi diskusi keilmuan juga menambah semangat peserta. Bunga yang kini dipercaya sebagai Kaprodi S1 KPI IAIN Al Qodiri Jember berharap agar kedepan pertemuan alumni digelar lebih menarik lagi. “Pertemuan perdana ini cukup bagus, semoga kedepan lebih baik lagi,” ujar Alumni S2 KPI Angkatan 2017 ini (drkw)

KOLABORASI: Kaprodi S2 KPI Dr Kun Wazis, M.I.Kom., mengenakan jaket almamater kepada Ketua Alumni S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember, Ach. Wahidi, M.Sos. 

 

SEMARAK: Alumni S2 KPI angkatan 2017 M. Sofiatul Iman, M.Sos., (kanan) berdiskusi dengan narasumber dalam dialog Bedah Buku sebagai rangkaian pertemuan Alumni S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember, Sabtu 21 Oktober 2023.

 

 

Berita Terbaru

Review Kurikulum S2 KPI Dikritisi Gubes Komunikasi
22 Feb 2024By oprpasca
Kualitas dan Kinerja Prodi S2 KPI Dievaluasi
19 Feb 2024By oprpasca
Tim S3 PAI Rumuskan Visi, Misi, dan Tujuan Prodi
16 Feb 2024By oprpasca

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;